Windows Live Apps: Mail Server Gratis Selain Google Apps

Selain Google Apps, ada alternatif lain yang mungkin tidak cukup lazim di telinga anda. Namun fungsinya sama dengan Google Apps, yaitu untuk mendapatkan mail server gratis apabila kita hanya membeli domain saja. Alternatif tersebut tidak lain adalah Windows Live Mail (live.com). Bedanya, bila versi gratis Google Apps hanya mendukung maksimal 10 user, maka Windows Live Mail bisa mendukung lebih banyak email account (saat artikel ini dibuat, batasan email account maksimalnya mencapai 500). Oke, langsung saja kita masuk pada cara instalasinya.
1. Silakan buka https://domains.live.com/Signup/SignupDomain.aspx untuk mendaftarkan domain anda pada layanan Windows Live Apps.
2. Selanjutnya buat dulu ID admin yang akan digunakan sebagai pengelola dari layanan Windows Live Apps anda.
3. Windows Live Mail akan secara otomatis mengirim email untuk verifikasi ke alamat yang telah anda assign sebagai administrator. Silakan buka email tersebut kemudian klik verify. Berikutnya akan muncul agreement untuk ID tersebut sebagai admin/pengelola layanan Windows Live Mail untuk domain anda.
4. Setelah berhasil, maka proses selanjutnya adalah update MX (untuk merubah route layanan mail) dan TXT (untuk verifikasi kepemilikan domainnya). Kita bisa cek kebutuhan DNS-nya di menu Domain Settings.
Record MX dan TXT bisa ditambahkan di www.jagoandomain.com jika anda membeli domain melalui layanan Jagoan Hosting. Langkah-langkah penambahannya bisa disesuaikan pada Langkah Penambahan DNS Record pada Custom Domain Blogger berikut.
5. Untuk memudahkan URL webmail, kita bisa mengganti alamat untuk login webmail menjadi format mail.namadomain.com melalui menu Custom Address.
Seperti pada record MX dan TXT, maka record CNAME bisa ditambahkan melalui www.jagoandomain.com
6. Selesai, layanan Windows Live Mail anda tinggal menunggu masa resolve. Selamat mencoba

Repost: http://www.jagoanhosting.com/blog/windows-live-apps-mail-server-gratis-selain-google-apps/

Terimakasih, anda telah membaca posting Mung.Info dengan judul Windows Live Apps: Mail Server Gratis Selain Google Apps, semoga posting Windows Live Apps: Mail Server Gratis Selain Google Apps ini bermanfaat untuk anda.

0 Response to "Windows Live Apps: Mail Server Gratis Selain Google Apps"