Hosting dan Domain

Berikut adalah pengertian dan istilah yang berhububungan dengan hosting dan domain yang akan saya jelaskan dibawah ini:

Hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan tempat untuk menyimpan informasi yang bisa diakses dimanapun. Informasi tersebut diantaranya http(website), FTP(transfer file), email atau DNS.

Shared Hosting adalah suatu layanan hosting yang digunakan secara bersama-sama dengan user lain. Artinya dalam satu server tersebut terdapat beberapa account yang dibedakan antara account satu dan lainnya dengan username dan password.

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server hosting pada jaringan internet. Domain ini untuk mempermudah penyebutan atau pemanggilan data/informasi pada sebuah server. Seperti kita ketahui, untuk mengakses ke lain komputer kita harus menggunakan IP Address. Nah domain ini merupakan alias untuk menggantikan rentetan IP Address tersebut.

TLD adalah nama belakang atau ekstensi dari domain. Contohnya adalah com org info net biz co.id dll.

Name Server(NS) merupakan alamat atau lokasi dari suatu server. Misalnya kita mempunyai domain sayaganteng.com yang tersimpan di server rumahweb. Untuk menuju kesana, pihak rumahweb menyediakan NS supaya memudahkan dalam pengaksesan data.

Domain Name Sistem(DNS) adalah aturan yang dipakai dalam penamaan nama domain. Selain DNS ada istilah Propagasi DNS yaitu proses penyebaran dari DNS supaya dikenali oleh seluruh jaringan internet.

Domain Name ini hanya aktif satu dalam satu dunia. Jadi jika domainnya sudah aktif, maka anda tidak bisa memesan nama tersebut. Selain itu juga domain tidak bisa direname atau dihapus, yang ada hanya aktif atau tidak. Jadi sebelum memilih domain, pikirkan dengan matang nama yang akan anda ambil.

Sumber
Terimakasih, anda telah membaca posting Mung.Info dengan judul Hosting dan Domain, semoga posting Hosting dan Domain ini bermanfaat untuk anda.

0 Response to "Hosting dan Domain"