Tips Bebas Rewel Saat Mudik Bersama Anak

Lebaran sebentar lagi tiba. Mudik pun selalu menjadi momen yang dinanti setiap lebaran untuk dapat bersilaturahim dengan kerabat yang jarang bertemu.

Di sisi lain mudik identik dengan kemacetan dan perjalanan yang jauh. Kondisi seperti ini tidak jarang lho membuat anak jadi rewel saat perjalanan. Nah, kalau anak rewel kita juga kan yang kerepotan.

Untuk mengantisipasinya, berikut tips mudik bersama anak yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pastikan Anak dalam Keadaan Sehat

Kondisi fisik yang tidak fit tentu membuat anak jadi sering rewel. Sebelum melakukan perjalanan, pastikan kondisi anak Anda dalam keadaan yang prima. Antisipasi dengan memberikan vitamin agar daya tahan tubuhnya baik beberapa hari sebelum berangkat.

2. Buat Daftar Kebutuhan si Kecil

Tak jarang lho kebutuhan si kecil justru lebih banyak dari kebutuhan sendiri. Buat daftar kebutuhan si kecil agar tidak ada yang lupa dibawa. Upayakan membuat skala prioritas, seperti makanan, minuman, obat, tisu, kaos kaki dan popok sebagai kebutuhan utama.

Beri anak makanan ringan agar perut anak tidak kosong dan minum air putih yang cukup agar anak tidak mabuk selama perjalanan. Sediakan pula kantong plastik untuk mengantisipasi kalau anak akan muntah.

3. Sedia Obat-obatan

Untuk antisipasi, bawalah selalu peralatan P3K dan obat-obatan seperti obat demam, obat pilek, obat mual, dan obat diare.

4. Ciptakan Suasana Perjalanan yang Menyenangkan

Macet dan jarak yang jauh tentu membuat anak bosan. Akibatnya anak menjadi rewel. Tidak mau kan ini terjadi? Nah, ciptakan suasana menyenangkan selama perjalanan.

Bawa mainan kesukaan anak agar ia tak bosan. Jangan lupa selalu mengajaknya bercerita karena selain mencairkan suasana dapat pula melatih perkembangan bahasa anak. Anda pun dapat mengajak anak bernyanyi selama perjalanan untuk menghilangkan perasaan bosan ataupun mual.


5. Sering Bertanya

Sering-sering bertanya apa yang dirasakan oleh si kecil. Apakah ia ingin pipis, mual, atau lapar. Dengan sering bertanya kita dapat cepat mengambil tindakan, misalnya mencari toilet terdekat.

6. Siapkan Uang Jajan

Perjalanan panjang tentu membuat Anda harus sering-sering beristirahat di rest area. Biasanya di tempat ini akan banyak pedagang yang menawarkan jajanan yang menggiurkan.

Siapkan uang lebih untuk mengantisipasi anak akan rewel saat minta jajan. Ingat, jangan terlalu mudah mengeluarkan uang Anda. Pilih dulu jajanan mana yang bersih dan baik untuk anak.

Sumber.
Terimakasih, anda telah membaca posting Mung.Info dengan judul Tips Bebas Rewel Saat Mudik Bersama Anak, semoga posting Tips Bebas Rewel Saat Mudik Bersama Anak ini bermanfaat untuk anda.

0 Response to "Tips Bebas Rewel Saat Mudik Bersama Anak"