CPNS Online Tahun 2014 Sering Down, Apa yang salah?

Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014 yang dilakukan secara online memang punya niat yang baik, yaitu Ingin menyederhanakan birokrasi hingga meminimalisir terjadinya berbagai praktik korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) dalam pelaksanaan perekrutan CPNS tahun 2014.

Hanya saja implementasi sistem ini tak terlalu mulus. Laporan gangguan pada server atau fasilitas penyimpanan data yang tumbang akibat membludaknya visitor (pengunjung) sebagai para calon pelamar, masih saja terjadi.

"Server kita memang sedang down. Ini karena memang tingginya antusiasme masyarakat yang ingin mendaftar," kata Herman Suryatman, Kepala Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) Herman Suryatman.

Herman menyebutkan, sejak pertama kali dibuka pada 20 Agustus 2014 hingga pukul 02.00 WIB dini hari tanggal 21 Agustus, sudah ada 5 juta kunjungan tercatat pada situs ini. "Sampai sekarang (pukul 15.00 WIB di tanggal 21 Agustus) mungkin sudah tembus 10 juta. Makanya server kita bisa sampai down," tuturnya.

Di saat yang bersamaan, tim IT Panselnas tengah berusaha mengunggah data instansi dan rincian formasi lowongan di masing-masing instansi yang membuka lowongan CPNS tahun ini. Kondisi ini menyebabkan ambruknya sistem pada situs ini menjadi kondisi yang tak terelakkan.

Hal tersebut, klaim Herman, biasa terjadi pada awal-awal pendaftaran. "Dari pengalaman tahun sebelumnya, ini biasa terjadi di tiga hari pertama. Ini hal yang wajar seperti pengalaman kita tahun sebelumnya. Masyarakat euforia, jadi semua membuka," sebutnya.

Herman memperkirakan pada hari keempat, situs yang beralamat di https://panselnas.menpan.go.id/ ini dapat kembali normal dibuka kembali oleh para calon pelamar.

Padahal sebelumnya, Kementerian PAN-RB bersama Panselna sudah melakukan uji coba. Hasilnya tidak ada masalah dan situs tersebut bisa melayani pendaftar CPNS dengan baik.

"Kami sudah berusaha sekeras mungkin. Ini sudah kami lakukan uji coba selama dua minggu belakangan ini. Ada 2.000 pengunjung dalam 1 jam. Itu tidak ada masalah," ujar Tim Audit IT Panselnas perwakilan BPPT, Zainul Azwar Efendi, beberapa waktu lalu.

"Persiapan yang kami lakukan ini adalah persiapan panjang dan melelahkan. Jadi kami percaya kerja keras kami ini bisa mengakomodir banyaknya masyarakat yang akan melakukan pendaftaran PNS," tambahnya.

Supaya situs tersebut bisa menampung lebih banyak pengakses, Panselnas menyatakan sudah ada 12 instansi yang meminjamkan server untuk digunakan sebagai bantuan teknis pendaftaran CPNS online.

Nah, pertanyaan yang kemudian muncul adalah, ketika semua persiapan sudah berjalan dengan baik dan diuji coba tak ada masalah, kenapa saat dilepas bebas ke publik jadi gampang tumbang?

Menurut Direktur ICT Watch Heru Tjatur, secara ide, CPNS online adalah terobosan yang baik sekali. Selain memberikan kesempatan yang sama kepada semua warga negara, terobosan ini berpotensi menghemat biaya 'akuisisi' CPNS dan berpotensi menjaring putra-putri terbaik bangsa.

"Tantangan terbesar dari terobosan sistem ini ketersediaan dan kinerja layanan (service & performance availablity). Berkaca dari beberapa terobosan layanan yang sama, misalnya SPMB & Ujian Nasional, Seleksi CPNS Online ini harus memperhatikan aspek skalabilitas atau 'sizing plan'," kata Tjatur.

Ini adalah faktor krusial, salah memprediksi potensi pengakses dan trafik yang ditimbulkan akan melumpuhkan seluruh layanan.

"Dari mana informasinya? Informasi atau statistik demografi dapat digunakan untuk memprediksi potensi pengguna," ujar Tjatur.

Bahkan, informasinya dapat dirinci untuk setiap wilayah atau propinsi. Sehingga jika diperlukan proses seleksi dapat dilakukan secara bergiliran setiap daerah.

Menggabungkan informasi di atas dan binis proses yang diimplementasikan dalam sistem akan menentukan seberapa besar daya komputasi (computing power) yang diperlukan dan seberapa besar jalur komunikasi yang diperlukan (bandwidth).

"Karena tanpa informasi dan perencanaan yang matang, terobosan/inovasi teknologi yang baik tadi akan kehilangan fungsi dan makna," pungkasnya.(sumber.)
Terimakasih, anda telah membaca posting Mung.Info dengan judul CPNS Online Tahun 2014 Sering Down, Apa yang salah?, semoga posting CPNS Online Tahun 2014 Sering Down, Apa yang salah? ini bermanfaat untuk anda.

0 Response to "CPNS Online Tahun 2014 Sering Down, Apa yang salah?"