5 Penemuan Purbakala yang Menakjubkan

Didunia ini banyak sekali peninggalan-peninggalan yang belum terungkap kebenaran dan kerahasiannya apa itu sengaja ataupun tidak di sengaja agar tidak di ketahui.
Disini kami menampilkan beberapa penemuan yang menakjubkan bagi kalangan arkeolog :

Kuburan massal bangsa Viking tanpa kepala 
5 Penemuan Purbakala yang Menakjubkan

Kuburan massal bangsa Viking dengan kepala yang terpisah ditemukan di Bukit Ridgeway, Dorset, Inggris. Sebanyak 54 tengkorak manusia yang diyakini tentara Viking itu tampak berjejeran. Tengkorak ini diperkirakan sudah ada sejak abad ke-11. Para arkeolog berpendapat bahwa terpisahnya kepala para Viking ini kemungkinan bukan karena balas dendam brutal yang ditujukan kepada mereka. Bangsa Viking ini mungkin dikorbankan pada sebuah ritual kelompok yang menangkap mereka.

Mumi 'Menjerit' 
5 Penemuan Purbakala yang Menakjubkan

Bentuk mumi memang cukup menyeramkan, apalagi kisah mumi 'Menjerit' yang ditemukan oleh Kepala Egyptian Antiquities Service, Gaston Maspero di Kairo, Mesir. Mumi ini ditemukan pada tahun 1886. Mumi yang ditemukan Maspero ini ditemukan di dalam peti yang berbeda dari model peti milik bangsawan Firaun. Tidak ada informasi apapun mengenai siapakah mumi yang ada di dalamnya. Anehnya lagi, mumi tersebut ditutupi dengan kulit domba. Padahal menurut orang Mesir kuno, kulit domba dianggap tidak bersih. Pada Saat peti dibuka, Maspero cukup kaget karena mulut mumi menganga seperti berteriak. 
Karena tidak adanya informasi yang jelas, mumi teriak itu diberi nama Unknown Man E. Banyak spekulasi yang menyatakan bahwa mumi tersebut meninggal karena diracuni, dibakar atau mengalami siksaan mengerikan lainnya. Namun, ada teori yang menyatakan bahwa mumi tersebut mulutnya terbuka bukan karena menjerit. Tetapi karena rahang yang tidak diikat ketika proses pembuatan mumi.
Kaki burung misterius
5 Penemuan Purbakala yang Menakjubkan
Tahun 1986 sekelompok arkeolog menemukan kaki burung di sebuah gua di Gunung Owen, Selandia Baru. Kulit daging dan kuku yang tajam masih menempel seakan kaki ini baru saja terpotong. Ukuran yang cukup besar membuat para arkeolog mempertanyakan burung jenis apa yang memiliki kaki tersebut. Setelah ditelusuri, ternyata itu adalah kaki burung moa yang telah punah ribuan tahun yang lalu. Kaki itu diperkirakan berusia 3000 tahun dan termumifikasi secara alami. Kaki burung ini kemudian disimpan di sebuah museum.

Manusia Tollund
5 Penemuan Purbakala yang Menakjubkan

Pada lahan gambut di kawasan Eropa Utara sering ditemukan mayat manusia Tollund. Yang dimaksud dengan manusia Tollund adalah mumi yang terjadi secara alami. Rendahnya suhu dan kandungan oksigen, serta tingginya tingkat keasaman tanah secara alami mengawetkan mayat yang ada di sana. Mumi ini tampak berwarna abu-abu mengkilat atau kuning kecoklatan. Sebelum menjadi mumi manusia-manusia tersebut diduga meninggal karena dibunuh untuk kebutuhan ritual. Dulunya, ritual sering dilakukan untuk meningkatkan hasil panen.


9 Kerangka tentara Romawi
5 Penemuan Purbakala yang Menakjubkan

Seorang arkeolog bernama Robert du Mesnil du Buisson memimpin penggalian di area Dura Europos di Suriah. Pada penggalian tahun 1933 ini mereka menemukan beberapa terowongan. Di dalam salah satu terowongan, ada 19 kerangka tentara Romawi yang posisinya seakan ingin kabur dari sesuatu. Salah satu kerangka tentara itu ada yang masih dalam posisi mencengkram erat senjatanya. Seperti dalam keadaan panik. Anehnya lagi, di hampir seluruh bagian tembok terowongan terdapat zat belerang dan bitumen. Setelah ditelusuri, ada kemungkinan bahwa tentara Romawi tersebut meninggal karena ada kelompok yang menyebarkan gas beracun ke dalam terowongan tersebut. Kejadian itu pun bisa juga disebut sebagai awal dari perang senjata kimia.

sumber materi detik.com


Terimakasih, anda telah membaca posting Mung.Info dengan judul 5 Penemuan Purbakala yang Menakjubkan , semoga posting 5 Penemuan Purbakala yang Menakjubkan ini bermanfaat untuk anda.

0 Response to "5 Penemuan Purbakala yang Menakjubkan "