Awal mula Batu Akik yang sekarang sedang tren

Seiring dengan boomingnya batu akik di masyarakat indonesia atau dunia. Tetapi kita harus mengetahui dari mana asal terbentuknya batu akik tersebut. Batu akik adalah suatu bahan mineral yang terbentuk dari proses yang sangat panjang. Di indonesia jenis batu akik yang sedang booming dan banyak di cari oleh kolektor batu akik yaitu dimulai dari batu bacan, zamrud, ruby, safir, giok, kecubung, dan lainnya. 

Awal mula  Batu Akik
Hampir semua bahan mineral dan bebatuan yang ada di bumi termasuk juga batu akik, berasal dari magma cair yang terdapat di perut bumi, di kedalaman kurang lebih 160 km dari permukaan tanah. dan Sifatnya yang cair, membuat magma yang mempunyai panas mencapai 1.000-1.300 derajat celcius akan terdorong naik ke permukaan dari proses vulkanik. Biasanya proses ini disebut hasil erupsi gunung berapi. Tetapi, bila magma cair tadi terdorong naik perlahan-lahan ke permukaan tanah tetapi melalui celah atau retakan, maka akan membentuk lapisan-lapisan mineral dan batuan, biasanya magma ini mengalami proses hidrotermal dan pendinginan, maka terbentuklah batuan. kemudian batuan yang pertama kali terbentuk adalah intan. Batuan ini sangat keras, tingkat kekerasannya mencapai 10 MOHS (tingkat kekerasan batu), tidak ada bebatuan lain yang sekeras intan. untuk Proses hidrotermal magma akan membentuk menjadi mineral atau batuan. Bila terbentuk mineral, maka bisa menjadi besi, tembaga, emas, nikel, dan lain-lain. Tetapi proses hidrotermal juga membentuk batuan kristal, biasanya membentuk seperti intan, sampai batu akik, hingga batu koral atau batu sungai/kali. 
Biasanya proses naiknya magma ke permukaan tanah memerlukan waktu yang sangat lama, diperlukan waktu jutaan hingga miliaran tahun, dan akhirnya bongkahan tersebut menjadi batu akik. Yang terbentuk menjadi Batu akik biasanya berada di permukaan tanah yang tidak terlalu dalam bahkan tersebar dan terbawa oleh arus sungai. makanya banyak para pecinta batu akik mencari peruntungan di pinggir aliran sungai. Menurut Kepala Badan Geologi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Surono.


Terimakasih, anda telah membaca posting Mung.Info dengan judul Awal mula Batu Akik yang sekarang sedang tren, semoga posting Awal mula Batu Akik yang sekarang sedang tren ini bermanfaat untuk anda.

0 Response to "Awal mula Batu Akik yang sekarang sedang tren"