Cara Mudah Bedakan Beras Asli dengan Beras Plastik Lengkap

Kini telah beredar beras yang mengandung bahan plastik, Tentunya masyarakat khususnya di indonesia harus lebih mewaspadai beras yang katanya mengandung bahan plastik tersebut. Terutama bagi ibu-ibu yang biasa membeli beras bahan pokok sehari-hari, untuk lebih teliti lagi agar tidak salah membeli. 
Beredarnya beras palsu ini berasal dari Tiongkok tepatnya di kota Taiyuan provinsi Shaanxi, jadi Di tiongkok memang menjadi tempat penyebaran beras yang mengandung bahan palstik ini.
Dan bagaimana ibu-ibu kita waktu membeli beras itu asli atau bukan, apalagi sekarang banyak juga oknum yang biasa mencampur beras asli dengan beras palsu, agar tidak mudah di ketahui oleh konsumen.

Tetapi para pakar mengatakan tentang beras palsu dan asli tetap bisa di bedakan, dari bentuk biji berasnya juga bisa di lihat. Berikut cara mudah untuk mengetahui beras asli atau beras palsu :
Cara Mudah Bedakan Beras Asli dengan Beras Plastik Lengkap
  • Utntuk Beras asli biasanya akan menyerap air,  maka dari itu bentuk beras akan lembut dan bila di masak ke penanak nasi beras akan mengeras ttetapi tekstur kelembutannya masih ada. Sedangkan untuk beras palsu beras akan lembek dan semakin mengeras. apalagi waktu di keluarkan dari penanak nasi, beras palsu akan semakin kering dan mengeras, di kutip dari dokter spesialis gizi klinik Dr Verawati Sudarma, Mgizi, Sp.GK.
  • Kebanyakan Aroma beras palsu cenderung mengeluarkan bau sangit dan beraroma bahan kimia. sedangkan beras asli akan mengeluarkan aroma lebih wangi karena H2O di beras yang menjadi nasi akan mengeluarkan bau yang harum, selain itu glukosa pada beras keluar dengan sempurna.
  • Beras palsu lebih mudah ketahuan waktu di cuci, karena beras akan mengapung dan tidak tenggelam seperti beras asli.
  • Beras palsu waktu di makan terasa lebih tawar dan hambar, berbeda dengan beras asli yang gurih dan juga pulen karena banyak mengandung karbohidrat dan glukosa.
  • Beras palsu yang mengandung bahan plastik bentuk berasnya akan lebih lembut dan licin, dan warnanya putih semua. sedangkan untuk beras asli, bentuk beras sedikit lebih kasar, warnanya putih dan bening teatapi tidak semuanya. 



Sumber info:detik.com

Terimakasih, anda telah membaca posting Mung.Info dengan judul Cara Mudah Bedakan Beras Asli dengan Beras Plastik Lengkap, semoga posting Cara Mudah Bedakan Beras Asli dengan Beras Plastik Lengkap ini bermanfaat untuk anda.