Deretan Gunung Berbahaya Bagi Pendaki di Indonesia

Indonesia  popular dengan pemandangan gunung yang sangat indah. Makanya banyak pecinta alam yang ingin melakukan pendakian gunung. Tetapi di indonesia juga di kelilingi dengan deretan gunung-gunung yang masih aktif. 
Diantara gunung-gunung dengan pemandangan indah dan juga yang masih aktif, ada beberapa yang berbahaya dan sulit bagi pendaki pemula ataupun yang sudah profesional. Karena di setiap gunung memiliki ke unikan tersendiri, di antaranya jalur bagi pendaki untuk menuju puncak yang berbeda-beda, dari ketinggian, struktur, serta vegetasinya. Kita sangat bersyukur tinggal di negara indonesia yang mempunyai keindahan alam yang begitu indah. 
Ada beberapa gunung yang memiliki jalur buat pendaki sangat berbahaya, walaupun pendaki itu sudah profesional. Mungkin bagi yang belum berpengalaman bisa menggunakan jasa guide atau dari penduduk setempat yang paham akan jalur tersebut.
Berikut ini deretan gunung yang tidak cocok bagi pendaki gunung di indonesia :

  • Gunung Kerinci di Jambi
Deretan Gunung Berbahaya Bagi Pendaki di Indonesia
Gunung Kerinci merupakan suatu gunung tertinggi di pulau Sumatera, memiliki ke tinggian 3.805mdpl. Kawasan gunung ini termasuk kedalam Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Jalur mendaki  awalnya biasa saja atau mudah, melalui jalur ladang dan perkebunan milik penduduk setempat. Tetapi lama kelamaan pendaki akan menemui jalur yang semakin terjal dan curam. Dan yang paling sulit pendaki tidak boleh bermalam di ketinggian kurang lebihnya di 1.500mdpl. Dikarenakan banyaknya binatang buas yang berkeliaran mencari mangsa misalnya harimau sumatra. Binatang ini menghindari udara dingin di malam hari dan akan beritirahat di ketinggian tersebut. Dengan jalur yang sulit membuat pendaki cepat lelah, hal ini membuat para pendaki semakin sulit karena harus beristirahat. Dengan resiko jalur tersebut angin dingin pun senantiasa manghampiri, sehingga para pendaki pun cepat lelah dan juga menggigil di seluruh tubuh dan jadi kaku. Biasanya hujan es pun terjadi, membuat hal yang mungkin terjadi adalah terkena hiportermia.

  • Sulawesi Selatan, Gunung Latimojong
Deretan Gunung Berbahaya Bagi Pendaki di Indonesia
Gunung Latimojong merupakan gunung tertinggi di provinsi sulawesi selatan, gunung ini juga memiliki keindahan yang luarbiasa. Karena gunung ini mempunyai 7 puncak, dan yang paling tinggi adalah puncak Rante mario pada ketinggian 3.680mdpl. Jalur yang harus di lalui cukup sulit karena harus melalui trek yang terjal, melewati hutan hujan yang lebat sehingga membuat kabut semakin tebal, semakin tinggi mendaki udara dingin pun sangat menusuk kulit.
Biasanya kita juga akan melewati derasnya sungai yang hanya dilewati dengan berjalan di atas kayu yang tipis di atasnya. Anda juga harus memakai sarung tangan agar tidak terluka karena ada titik-titik jalur melewati pinggiran jurang dan harus pegangan pada akar-akar pohon dan juga akan di hadapi dengan tebing yang memiliki kemiringan sampai 70 derajat, jadi di butuhkan peralatan tali untuk memanjatnya.
Memang untuk mencapai ke puncaknya membutuhkan perjuangan yang sangat keras karena jalur pendakian yang berbahaya.  Memang di himbau bagi para pendaki akar mempersiapkan mental dan juga berbagai peralatan untuk mendaki.

  • Gunung Cartenz di Papua
    Deretan Gunung Berbahaya Bagi Pendaki di Indonesia
Gunung Cartenz di papua merupakan gunung tertinggi di indonesia dan satu-satunya yang mempunyai salju abadi. dan memiliki ketinggian 4.884mdpl. Udara dingin di gunung cortenz memang kendala yang sulit karena suhunya bisa mencapai 0 derajat di puncaknya dan di lereng bisa sampai 10 derajat celcius.
Memang tidak heran para pendaki bisa terkena hipotermia dan AMS (Acute Mountain Sickness atau sakit ketinggian), Oksigen yang sedikit membuat pendaki mudah capek dan juga bisa terkena halusinasi dan pusing kepala, ini yang harus di hadapi para pendaki gunung cartenz di papua. Tetapi bila anda bisa mencapai puncak gunung cartenz ini, anda termasuk pendaki yang bisa menaklukan salah satu dari Seven Summits. Karena gunung Cartenz termasuk dari tujuh titik tertinggi di dunia.

  • Gunung Leuser Di Aceh
Gunung Leuser di Aceh termasuk gunung yang berbahaya karena jalurnya yang sulit. Gunung ini sebagai bagian taman Nasional. Jalur di gunung leuser ada 4 jalur yang dibuka langsung oleh tim wanadri. Salah satu tim di antara mereka ada yang tewas ketika menyeberangi sungai yang sangat deras. Jadi membuat gunung leuser mempunyai tingkat ketinggian yang sulit di daki.
Deretan Gunung Berbahaya Bagi Pendaki di IndonesiaKetinggian gunung ini mencapai 3.404mdpl. untuk mencapai puncaknya di butuhkan waktu 9 sampai 10 hari itu juga tergantung dari ketahanan fisik para pendaki dan juga cuaca. Pendaki juga harus melewati tujuh gunung untuk mencapai puncak.
Di perjalanan anda akan menemui kaleng-kaleng bekas dan sisa makanan yang di drop oleh helikopter bagi pendaki yang kehabisan makanan, Biasannya dari sini pendaki membutuhkan 7 sampai 8 jam lagi untuk mencapai puncak.
dikutip dari situs Belantara Indonesia, kebanyakan dari vegetasi Gunung Leuser merupakan  hutan hujan dengan tingkat kerapatan dan kelembaban yang tinggi. Binatang buas seperti Harimau dan badak Sumatera masih banyak ditemukan di sini. Jadi Karena jalur pendakian yang sulit dan berbahaya, para pendaki harus mengurus perizinan dari beberapa pihak instansi misalnya dari Kapolres Aceh Tenggara, dan juga surat keterangan pendakian dan surat keterangan dari dokter.

  • Jawa Timur, Gunung Raung 
Deretan Gunung Berbahaya Bagi Pendaki di IndonesiaGunung Raung terletak antara tiga wilayah yaitu Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi. Gunung ini termasuk juga jalur pendakian yang berbahaya. Untuk puncaknya mencapai 3.332mdpl. Dan dilengkapi juga Kaldera berbentuk lonjong dengan kedalaman 500 m.
Selain sulit medannya, Gunung raung terkenal dengan ke angkerannya, misalnya saja nama pos buat pendaki, yaitu Pondok Sumur, Pondok Demit, pondok Mayit, dan Pondok Angin. Selain angker jalurnya yang berkelok naik turun sampai ketinggian 1.600mdpl. Dan juga jalur semakin sulit dengan adanya semak-semak yang tumbuh sangat lebat.
Puncak gunung Raung disebut juga dengan Puncak Sejati. Karena untuk samai di puncak pendaki harus melakuka panjat tebing dengan tali yang sangat sulit dengan jurang desebelah kanan kiri nya. jadi pendaki harus selalu waspada.











Terimakasih, anda telah membaca posting Mung.Info dengan judul Deretan Gunung Berbahaya Bagi Pendaki di Indonesia, semoga posting Deretan Gunung Berbahaya Bagi Pendaki di Indonesia ini bermanfaat untuk anda.