Pesona Batu Akik Sungai Dareh

Jajaran teratas lainnya untuk varian batu berwarna hijau adalah Lumut Sungai Dareh. Tergolong sebagai batu mulia jenis ldocrase, selain memiliki keindahan sebagai perhiasan, juga dipercayamemiliki khasiat untuk kesehatan.

Menurut Ketua Komunitas Batu Akik Mulia Sumatera Barat, Attila Majidi Datuak Rajo Sibungsu diungkapkan bahwa Lumut Sungai Dareh memiliki banyak varian warna dari dua warna dasar, yakni hijau muda dengan nama Pucuk Pisang (Natural Idocrase) dan hijau tua dengan nama Kumbang Jati (Hydrogrossular Garnet). -Varian warna tersebut seperti putih, kun- ing, hijau, dan perpaduan warna- warna tersebut. "

"Selain banyak varian warna, Lumut Sungai Dareh juga mem - punyai banyak varian corak totol. Kumbang Jati memiliki corak totol seperti totol sayur/leak, totol se - mangka, totol seledri, totol gerimis, dan totol armi. Penamaan totol tersebut berdasarkan kesepakatan pecinta batu setelah melihat corak totol. Sedangkan corak Pucuk Pisang seperti Pucuk Pisang polos, Pucuk Pisang cincau/bio solar, Pucuk Pisang dengna berbagai macam totol," tuturnya.

Attila menjelaskan, dengan banyaknya varian, warna dan corak, Lumut Sungai Dareh menjadi istimewa dan unik karena tidak ada 4 corak yang sama, teruta- ma jenis Kumbang Jati.

Jika saya memiliki Kumbang Jati totol semangka, maka tidak akan ada orang lain yang memiliki Kumbang Jati totol semangka yang coraknya sama persis dengan punya saya. Berbeda dengan Bacan hijau dan Garut hijau, yang war- ganyahanya polos, tidak ada . kekhasan dalam corak dua batu itu. Kalau pun misalnya Bacan hijau memiliki bercak hitam, maka bercak hitam tersebut semakin lama akan hilang oleh proses kristalisasi. Sementara Lumut Sungai Dareh kristal, jika semakin lama dipakai dan dirawat, maka totol dan airnya semakin kentara karena proses kristalisasi," jelasnya.

Ia kembali menekankan, hanya Lumut Sungai Dareh kristal yang proses kristalisasinya bisa berlangsung ketika dipakai di tangan. Sedangkan Lumut Sungai Dareh semi kristal, proses kristalisasinya berlangsung dalam sungai.


Terimakasih, anda telah membaca posting Mung.Info dengan judul Pesona Batu Akik Sungai Dareh, semoga posting Pesona Batu Akik Sungai Dareh ini bermanfaat untuk anda.

0 Response to "Pesona Batu Akik Sungai Dareh"